Belajar AS400 Menggunakan Help F1

Ini merupakan salah satu tips manjur untuk kita sebagai pemula di AS400. Bahkan saya yang sudah beberapa tahun tenggelam di AS400 pun masih sering menggunakan Help. Dengan fungsi F1-Help kita dapat memahami keterangan dari command, parameter atau halaman yang kita sedang gunakan. Sebelum kita membahas tentang Help, berikut persyaratan agar Help dapat digunakan oleh user:

  1. License program Online Information (product option 2) terinstall dengan status *COMPATIBLE.
  2. Library QHLPSYS masuk ke library list user yang digunakan.

Cek License Program

Melalui command line ketik GO LICPGM lalu tekan Enter.
Ketik opsi 10 pada command line lalu tekan Enter, untuk masuk ke Install licensed programs.
Pastikan Licensed Programs Online Information telah terinstall dengan status *COMPATIBLE.

Cek Library List User

Melalui command line, ketik DSPLIBL lalu tekan Enter.
Pastikan libarary QHLPSYS ada pada library list.

Jika kedua persyaratan tersebut sudah terpenuhi, maka kita bisa menggunakan fungsi help pada AS400. Fungsi Help AS400 dapat digunakan dengan menekan tombol F1 pada bagian yang ingin kita ketahui. Misalkan pada halaman menu MAIN. Arahkan kursor (pada gambar ditandai dengan underline merah) pada command line atau pada header halaman IBM i Main Menu lalu tekan F1.

Muncul Help dari menu IBM I Main Menu yang berisi tentang penjelasan tentang halaman tersebut (tekan page down untuk ke halaman berikutnya).

Arahkan kursor ke arah menu opsi, maka akan keluar help sesuai opsi yang ingin kita ketahui.

Kursor pada opsi 1. User tasks lalu tekan F1.
Help untuk spesifik Option 1 saja yang keluar.

Begitu juga ketika kita akan menggunakan command. Jika memang command tersebut baru kita tahu dan ingin tau fungsinya apa dan parameter apa saja yang dapat diisi. Misalkan command WRKOBJ, berikut caranya:

Ketik command WRKOBJ pada command line lalu tekan F4 = Prompt.
Arahkan kursor satu persatu sesuai gambar untuk cek fungsi Help dan baca keterangannya.

Note: Tidak semua command atau halaman memiliki Help Guidance, ini tergantung dari program atau command tersebut menyediakan fungsi help atau tidak. Untuk semua command dan menu bawaan dari sistem biasanya sudah menyediakan fungsi help. Tetapi jika AS400 kita memiliki command atau menu lain dari 3rd party atau aplikasi luar IBM, bisa saja fungsi help tidak ada pada command dan menu tersebut.

Tinggalkan Balasan