Perbedaan Save While Active *LIB dengan *SYNCLIB saat Backup

Save while Active (SWA) bertujuan agar suatu object dapat di backup ketika object tersebut digunakan oleh job lain. Yang sering menjadi pertanyaan adalah apa perbedaan antara *LIB dengan *SYNCLIB. Jika object yang akan kita backup berada pada satu Library, parameter *LIB dan *SYNCLIB tidak ada pengaruh apapun (anda bisa menggunakan *LIB atau *SYNCLIB). Perbedaan terlihat pada saat kita akan membackup lebih dari satu library secara bersamaan.

Note: Backup lebih satu library hanya dapat dilakukan ke media tape. Untuk mendia *SAVF tidak bisa membackup lebh dari satu library dengan satu command.

Oke, jadi apa perbedaan *LIB dengan *SYNCLIB saat membackup lebih dari satu library?

  • *LIB – membackup object yang sedang digunakan oleh job lain untuk mendapatkan check point tiap library.
  • *SYNCLIB – membackup object yang sedang digunakan oleh job lain untuk mendapatkan check point secara keseluruhan library yang dibackup.

Apa fungsi checking point? Check point bertujuan untuk merecovery data ketika terjadi disaster pada production sistem.

Sebagai contoh:

Kita akan membackup seluruh object pada libraray SOOLDAT dan SOOLGPL (generic SOOL*) menggunakan media library. Saya akan berikan contoh log hasil backupnya (highlight warna merah adalah perbedaannya).

Save while Active *LIB

Save while Active *SYNCLIB

Terlihat bahwa *LIB memproses check point berdasarkan tiap library sedangkan *SYNCLIB check point diproses dari kesatuan proses seluruh library yang dibackup.

Tinggalkan Balasan