Housekeping AS400 File PART 1 – Clear Data

Housekeeping merupakan bagian penting dalam suatu sistem atau data. Dengan Housekeeping, diharapkan akan menjaga kestabilitasan dan kehandalan sistem.

Metode Housekeeping yang akan dibahas pertama yaitu dengan Clear File atau mengkosongkan seluruh isi record. Untuk bagian ini, jika memang ada beberapa file yang dapat dilakukan dengan menghapus seluruh data pada file tersebut, maka berikut cara yang dapat digunakan:

Menggunakan SQL statement

DELETE FROM LIBA/FILEA

Menggunakan Command CLRPFM

Jika file cukup besar, disarankan submit job dengan SBMJOB. Command ini akan dapat dilakukan jika tidak terdapat locking pada file tersebut.

Menggunakan Metode Swap File Kosong

Siapkan file kosong dengan menggunakan command CRTDUPOBJ ke library lain / library temporer. Pada contoh dibawah duplicate FILEA dari LIBA ke LIBB.

Pastikan kondisi-kondisi berikut:

  • Jika file tidak memiliki beberapa logical file, lakukan duplicate logical file tersebut ke library temporer. Untuk cek logical file pada file tersebut, gunakan command DSPDBR
  • Jika file pada library source terjournal, maka file pada library temporer dijournalkan juga dengan menggunakan command STRJRNPF

Lakukan swap file dengan menggunakan command MOVOBJ, dengan tahapan, Move File FILEA beserta logical file (jika ada) di LIBA ke LIBC (library temporer kedua), kemudian move FILEA beserta logical file (jika ada) di LIBB ke LIBA (file kosong dipindah ke library source).

Dari ketiga cara diatas dalam clear file, saya lebih memilih dengan menggunakan cara swap object. Tapi hal ini jg bergantung dari seberapa lama kita aplikasi anda dapat dimatikan. Lakukan kajian terlebih dahulu sangat dianjurkan.

Tinggalkan Balasan