TIPS PERAWATAN DAN PEMBERSIHAN KACA MATA

Informasi ini penulis baru saja dapatkan ketika mengambil kaca mata baru akibat kaca mata lama yang patah akibat kecerobohan penulis. Informasi ini penulis dapatkan dari toko optik ADA KACAMATA, yang beralamat di Al-Amin Swalayan, Jl. Babakan Raya, Dramaga, Bogor. Ini yang penulis dapatkan:

  • Bersihkan lensa hanya dengan caritan pembersih yang lembut.
  • Pergunakanlah cairan pembersih lensa coating yang khusus.
  • Keringkan lensa dengan tissue, kain atau handuk yang lembut.
  • Jangan mengelap lensa dengan arah bolak balik, searah saja biar tidak mudah tergores.
  • Jangan membiarkan kacamata berada di tempat suhu/panas yang tinggi seperti dashboard mobil.
  • Disela-sela kegiatan sehari-hari, anda boleh membersihkan lensa dengan kain khusus untuk menghilangkan noda-noda ataupun deposit yang berminyak.
  • Secara periodik bersihkanlah/cucilah juga kain khusus itu (Jangan menggunakan zat pelembut)
  • Semprotan cairan pembersih rumah tangga, bahan kimia,¬†amonia, chlorine dan hairspray berpotensi merusak lapisan coating lensa.

MENGHILANGKAN STRES PADA MATA

Informasi ini penulis baru saja dapatkan ketika mengambil kaca mata baru akibat kaca mata lama yang patah akibat kecerobohan penulis. Informasi ini penulis dapatkan dari toko optik ADA KACAMATA, yang beralamat di Al-Amin Swalayan, Jl. Babakan Raya, Dramaga, Bogor. Ini yang penulis dapatkan:

Kegiatan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stres pada mata adalah:

PALMING. Tutuplah mata anda, kemudian letakkan telapak tangan di depan mata yang tertutup. Biarkan mata mengalami kegelapan total selama beberapa saat. Jangan terlalu keras menutup mata, tetapi biasa saja.

ZOOMING. Angkat jempol kurang lebih 4 inci atau sekitar 15 cm dari mata Anda. Kemudian pandanglah jempol ini secara fokus. Selanjutnya pandanglah horizon di latar belakang sejauh mungkin hingga jempol tidak tampak. Tunggu beberapa detik, lalu ulangi sekali lagi.

SHIFTING. Latihlah mata untuk jogging. Caranya, ajak mata Anda melirik ke kanan dan kiri. Lalu putarlah mata beberapa kali ke kiri dan kanan. Lalu putarlah beberapa kali. Jangan terlalu cepat dan jangan terlalu dipaksakan.

CROUCHO MAUX. Kejap-kejapkanlah kelopak mata, buka tutup secara perlahan, seperti orang keheranan melihat sesuatu. Sipitkan sejenak lalu ulangi buka tutup.

YOGA MATA. Ambil posisi tegak sambil bersandar pada kursi, kedipkan mata dengan cepat sebanyak 50 kali. Lakukan setiap jam, dan usahakan kedipan Anda meningkat menjadi 100 kali. Akhiri latihan dengan menutup mata, sambil tarik napas dalam-dalam. Anda paling tidak hanya membutuhkan 5 menit untuk melakukannya. Setelah itu siap deh kembali bekerja dengan mata sehat.

TIPS MENDAPATKAN MATA SEHAT

Siang tadi penulis baru saja mengambil kaca mata baru-nya akibat kaca mata lama yang patah akibat kecerobohan penulis. Informasi ini penulis dapatkan dari toko optik ADA KACAMATA, yang beralamat di Al-Amin Swalayan, Jl. Babakan Raya, Dramaga, Bogor. Ini yang penulis dapatkan:

Berikut ini, tips untuk mendapatkan mata yang sehat berdasarkan berbagai temuan terbaru:

  • Konsumsi makanan sehat seperti ikan, wortel, bayam, jagung, kiwi, zucchini, anggur merah dan kuning telur. Makanan itu kaya nutrisi yang mencegah age-related macular degeneration (RMD)
  • Cukupi kebutuhan vitamin C, karena survey¬†National Health and Nutrition Examination menemukan, vitamin C menurunkan resiko katarak. Dosis ideal vitamin C adalah 250 mg per hari. Vitamin E,A dan B juga melindungi mata dari katarak.
  • Kurangi garam, karena menurut American Journal of Epidemiology, kadar garam yang tinggi meningkatakan resiko PSC katarak yang menyerang bagian belakang lensa mata.
  • Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, karena kontak langsung dapat meningkatkan resiko semua tipe katarak.